Jika Terjadi Topan dan Banjir

  • Mempersiapkan diri menghadapi topan dan banjir

Di Jepang, selama musim panas sampai musim semi, sering terjadi angin topan yang menyebabkan badai dan hujan yang sangat deras yang dapat menyebabkan tanah longsor dan banjir. Untuk mempersiapkan diri menghadapi angin badai dan banjir, perhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Cek semua sudut rumah anda. lakukan perbaikan ataupun penguatan untuk meminimalkan kerusakan.
  2. Kaca jendela, dll., harus diperkuat dengan perekat gammed tape atau perekat vinyl. Jika terdapat daun jendela, harus di tutup.
  3. Kotak, pot bunga, dan obyek lain di taman atau di balkon harus didikat atau dibawa ke dalam rumah untuk menjaga agar tidak terbawa oleh hembusan angin yang kuat.
  4. Antena televisi, dll., harus diperkuat dengan biday, kawat, dll.
  5. Bersihkan saluran pembuangan dan bak air dari kotoran dan serpihan untuk memastikan sistem pembuangan berjalan lancar.
  6. Jika anda hidup di daratan rendah atau di daerah dimana kemungkinan terjadi banjir, anda harus menempatkan perabot rumah tanggadan perkakas listrik setinggi mungkin.
  7. Ada kalanya listrik mati. Oleh karena itu siapkan senter, radio portabel, dll dan letakkan dilokasi yang diketahui oleh setiap anggota keluarga.
  8. Simpan barang-barang yang perlu anda bawa ketika kondisi darurat pada tempat yang mudah terjangkau.
  9. pastikan lokasi tempat perlindungan bencana terdekat dan bagaimana menjangkaunya. Pastikan apakah tempat tinggal anda berada di distrik yang aman atau tidak. Informasi seperti ini dapat anda temukan di Kiken Kasho Zu (Peta Zona Berbahaya) di kantor balai kota atau desa anda, Kantor pemadam kebakaran atau departemen teknik sipil berkaitan dengan lokasi tempat [elindungan bencana dan ancaman hujan deras – termasuk tanah longsor di daerah tertentu.
  • Jika terjadi topan
  1. Jangan keluar ketika angin se3dang kencang. Jika anda terpaksa harus keluar rumah, pakai helm atau topi tebal.
  2. Jangan pergi di dekat tiang listrik yang tumbang atau kabel yang menjuntai.
  3. Perhatikan baik-baik ramalan cuaca. Jika ada peringatan untuk mengungsi, segeralah mengungsi. Keluarga yang memiliki lansia, orang sakit, atau bayi harus mengungsi lebih awal.
  • Risai Shomei (Surat Keterangan Korban Bencana Alam)

Anda perlu mendapatkan Risai Shomei (Surat Keterangan Korban Bencana Alam) ketika mendaftar pengurangan pajak atau penangguhan pajak bagi korban hujan badai dan banjir. Formulir pengajuan disediakan di setiap kantor kotamadya dan kantor pemadam kebakaran.