ASURANSI MASYARAKAT DAN ASURANSI KECELAKAAN KERJA DI JEPANG

(1) Asuransi Masyarakat

Di Jepang, asuransi yang diperlukan biaya pengobatan apabila terjadi sakit atau kecelakaan adalah “Kokumin Kenko Hoken” dan “Kenko Hoken”. Untuk orang tua, orang cacat dan orang yang meninggal dunia dapat asuransi “Kokumin Nenkin” (Asuransi Dana Pensiun) dan “Kosei Nenkin Hoken” (Asuransi Keamanan Sosial).

A. Kokumin Kenko Hoken

Asuransi ini untuk orang asing yang sudah terdaftar (“Gaikokujin Toroku”) dengan masa tinggal lebih dari 1 tahun dihitung dari pertama kali masuk di Jepang. Untuk lebih jelasnya hubungi kantor wilayah (walikota, kecamatan dsb) bagian asuransi “Kokumin Kenko Hoken. Kokumin Nenkin Ka”.

B. Kenko Hoken

Pada saat penggantian dari pelathan ke pelatihan teknik, apanila pihak perusahaan yang menerima siswa asing terdaftar di Kenko Hoken, maka para teknisi juga harus masuk asuransi tersebut. Uang pembayaran premi asuransi ditarik dari uang tungjangan yang di dapat selama pelatihan. Jika perusahaan tidak terdaftar di Kenko Hoken, sebagai gantinya para teknisi harus masuk Kokumin Kenko Hoken. Kenko Hoken bisa digunakan untuk sakit atau kecelakaan selain akibat kerja. Untuk detailnya silahkan hubungi penanggung Jawab asuransi di perusahaan masing-masing.

C. Kokumin Nenkin

Asuransi ini untuk orang asing yang terdaftar (Gaikokujin Toroku) berumur lebih dari 20 tahun yang tinggal di Jepang. karena para siswa Pelatihan tidak berpenghasilan di tahun sebelumnya, pembayaran premi asuransi bisa mendapatkan keringanan. Tetai pendaftar harus memenuhi syarat dan menyerahkan formulir (“Kokumin Nenkin Hokenryo Menjo Shinseisho”)

D. Kosei Nenkin Hoken

Sama seperti Kenko Hokeng, pada saat penggantian dari pelatihan ke pelatihan teknik, apabila pihak perusahaan yang menerima siswa asing terdaftar di Kosei Nenkin Hoken, maka para teknisi harus masuk asuransi tersebut. Sama halnya dengan Kokumin Nenkin, asuransi ini dibayar untuk orang tua, orang cacat dan orang yang meninggal dunia. Kokumin Nenkin dan Kosei Nenkin Hoken, kedua asuransi ini saling berhubungan. Meskipun para siswa pelatihan teknik sudah mendaftar di Kosei Nenkin Hoken, jika pada saat menjadi siswa pelatihan tidak mendaftar di Kokumin Nenkin, kalaupun terjadi kecelakaan ada kalanya tidak akan mendapatkan uang asuransi. Jadi pada saat mendaftar asuransi harap konsultasikan dengan penanggung jawab.

Karena para siswa pelatihan tidak menerima dana asuransi Rorei Nenkin (asuransi untuk orang tua) sebagai gantinya akan menerima uang apabila sudah keluar dari asuransi tersebut. Setelah pulang ke tanah air, apabila mengajukan permohonan sebagian dari premi asuransi yang telah dibayarkan akan dikembalikan. Bawalah formulirnya dan ajukan permohonannya setelah pulang ke Indonesia.

(2) Asuransi Kecelakaan Kerja

Apabila para siswa pelatihan teknik dalam masa training, atau kerja mengalami kecelakaan, akan menerima kompensasi pengobatan, kompensasi cuti, kompensasi cacat tubuh, ataupun kompensasi dana kematian untuk keluarga yang ditinggalkan, tergantung kondisi pekerja diderita. Konsultasikan pengajuannya pada kantor Pengawasan Pekerja (“Rodokijun Kantokusho”)

One comment

  • Indri

    MAaf mau tanya kalo pakai sakai hoken itu seandaijya trjadi kecelakaan kerja dan terputus 1 ruas jari manis sebelah kanan itu bagaimana ya apa saja yg di terima oleh si penderita mohon informasinya terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.