KULINER UNTUK KELUARGA

Orang-orang Jepang menyukai sayur. Sayuran yang mereka konsumsi sama dengan sayuran yang kita konsumsi. Seperti kol, wortel, salada dan sebagainya yang tentunya mempunyai nama khusus dalam bahasa Jepang.

Pada umumnya, ciri khas makanan Jepang adalah terdiri dari bahan-bahan berupa beras, hasil pertanian (sayuran dan kacang-kacangan), dan makanan laut. Sedangkan bumbunya berupa dashi yang dibuat dari konbu, ikan dan shiitake, ditambah miso dan shoyu. Berbeda dengan masakan negara-negara lain, makanan Jepang sama sekali tidak mengunakan bumbu berupa rempah-rempah dari biji-bijian (merica) atau penyedap yang mengandung biji (seperti cabai) yang halus ditumbuk atau dihaluskan. Masakan Jepang juga tidak menggunakan bumbu yang berbau tajam seperti bawang putih. Kacang kedelai merupakan bahan utama makanan olahan. Penyedap biasanya berupa sayu-sayuran beraroma harum yang di potong-potong halus atau di parut. Masakan Jepang umumnya rendah lemak, tetapi mengandung kadar garam yang tinggi.

Orang Jepang paling suka makanan laut. Mengapa? Sebab, mereka sadar bahwa aneka makanan laut sangat menyehatkan, terlebih di Jepang makanan lautnya rata-rata dihidangkan setengah matang. Kuliner mereka tidak banyak mengandung minyak. Orang jepang tidak menyukai makanan berminyak. Kata seorang temanku, makanan yang mengandung minyak membuat tubuh menjadi mudaha terserang penyakit seperti gangguan jantung dan empedu.

Orang Jepang senang makan ikan, kepiting, dan udang. Makanan sehat khas Jepang memang terkenal dengan sesuatu yang baru, kreatif, unik, dan aneh. Sebagai contoh, makanan khas Jepang yang amat terkenal adalah sushi. Selain rasanya yang unik dan segar, karena diolah seminimal mungkin, sushi termasuk makanan sehat. Jika bicara makanan tersehat di dunia, masakan Jepang-lah yang berada di posisi teratas.

Kebiasaan makan di Jepang di puji akan kesederhanaannya. Tidak cuma itu, masakan Jepang juga sehat karena selalu berkaitan dengan alam. Makanan sushi yang di masak sebentarmembuat makanan ini mampu mempertahankan sebagian besar nutrisinya. Bahan-bahan makanan yang digunakan pun juga sangat sehat dan tidak diolah berlebihan. Bahan-bahan itu seperti kedelai, rumput laut, dan berbagai macam jenis ikan. Sehingga membuat sushi dinobatkan sebagai slah satu makanan sehat di seluruh dunia.

Ada beberapa alasan kenapa masakan Jepang dianggap paling sehat, yaitu:

  1. Makanan Jeang menyehatkan jantung karena seafood menjadi sumber utama protein dari masakan Jepang tersebut. Ikan laun memiliki kandungan omega-3 yang amat tinggi. itulah sebabnya, makanan Jepang membuat jantung sehat dibandingkan makanan lain diseluruh dunia.
  2. Makanan di jepang pada umumnya di rebus. Makanan yang direbus tentu lebih menyehatkan daripada makanan yang di goreng atau direndam rempah-rempah.
  3. Kedlai yang digunakan dalam masakan Jepang tidak diproses berlebihan sehingga sangatlah sehat.
  4. Makanan Jepang sangat sehat karena kandungan zodium (garam) relatif rendah. masyarakat Jepang makan banyak makanan laut yang memiliki natrium alami, sehingga kadar garamnya pun berkurang.
  5. Karbohidrat dalam makanan Jepang tersedia di ubi jalar. Ubi adalah karbohidrat kompleks yang memberi energi dan nutrisi.
  6. Makanan Jepang kaya akan antioksidan, karena ikan dan sayuran yang disajikan dimasak dengan cara minimal.
  7. Selain sehat, masakan Jepang termasuk paling langka di dunia, karena ruput laut digunakan sebagai bahannya. Ada banyak manfaat kesehatan dari rumput laut ini, mulai dari kaya mineral laut hingga nol kalori. Sehingga, makanan ini sempurna untuk menemani program diet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.